K-Movie mengenai Investasi Saham

 

Mereview dan Mengambil Hikmah dari Film Money (2019)


Poster Film Money (2019)
Sumber: Pinterest  

    Review Film Money (2019)

Film ini merupakan adaptasi dari sebuah Novel yang dituliskan oleh Jang Hyun Do yang berjudul Money. Dalam Wikipedia disebutkan bahwa film ini bercerita tentang seorang pemuda yang bermimpi menjadi kaya, ia menjadi pialang saham tetapi tidak lama setelahnya menyadari bahwa dirinya terjebak dalam penipuan pasar saham. Selain itu, film ini disutradarai oleh Park Noo Ri dan diproduseri oleh Han Jae Duk dan Yoon Jong Bin.

Bagi kalian yang menjadi penggemar aktor Korea Selatan yang bernama Ryu Jun Yeol, pastinya sudah menonton film tersebut dan yang lebih menggembirakan lagi ia menjadi aktor utama dalam film ini. Walaupun sebenarnya untuk mendownload film tersebut susah untuk didapatkan sekalipun itu dari website ilegal, akan tetapi bagi para kpopers yang sudah ahli dalam mendownload drama dan movie Korea Selatan ada seribu jalan yang bisa mereka lewati untuk mendapatkan tontonan yang mereka inginkan.

Berdasarkan data yang ada di Google menunjukan bahwa sekitar 90% rata-rata orang menyukai film tersebut, di samping itu biasanya film yang dimainkan oleh salah satu aktor pemeran di drama Reply 1988 ini sudah bisa dipastikan bahwa film yang ia bintangi akan menjadi laris dan banyak ditonton oleh masyarakat luas. Jadi tidak usah diperdebatkan lagi jika aktor tersebut mengambil suatu project sudah bisa dipastikan bahwa film atau drama yang ia mainkan akan memiliki rating yang tinggi dan disukai oleh banyak penonton dan paling di tunggu-tunggu oleh fansnya. Dalam film tersebut ia berperan sebagai Cho il Hyun yaitu seorang pemula broker saham.

Namun beberapa tahun belakangan ini aktor tersebut sudah lama tidak terlihat untuk membintangi sebuah drama, namun sekarang ia sudah dikenal menjadi aktor layar lebar yang wajahnya sudah terlihat dalam berbagai poster film yang akan di tayangkan di berbagai bioskop di seluruh dunia. Oleh sebab itu, belakangan tahun ini dan sekarang ia sedang fokus untuk membintangi berbagai film, seperti Film Taxi Driver yang diangkat dari kisah nyata, Film Little Forest, Film Believer dan lain sebagainnya. Sebenarnya untuk pembuatan sebuah film yang kira-kira durasi penayangannya kurang lebih bisa mencapai  satu, dua atau 3 jam, ternyata memerlukan waktu bertahun-tahun untuk memproduksikannya.

Film ini ternyata juga dibintangi oleh berbagai aktor dan artis senior papan atas di Korea Selatan yaitu Aktor Yoo Ji Tae, Aktor Jo Woo Jin, Actor  Kim Jae Young, dan Aktris Won Jin-ah. Bagi para Kpopers Drama, para aktor dan artis tersebut sudah biasa dilihat dalam berbagai drama Korea Selatan, dengan ada hal ini juga menjadikan film tersebut banyak ditayangkan di bioskop karena aktor dan aktris ini sudah dikenal ahli dalam memainkan dalam berbagai peran yang didapatkan dan tidak mengecewakan penonton lalu film ini juga bergenre drama dan crime.

Menurut salah salah satu portal berita internet yaitu tirto.id pada bagian beranda Film, berita tersebut menjelaskan bahwa pada hari ke-4 penayangan film tersebut di bioskop, film ini sudah meraih 1 juta penonton, ini merupakan hal yang fantastis. Maka dari itu, sudah jelas bahwa film tersebut memang layak untuk ditonton dan tidak perlu diragukan lagi bagaimana alur cerita yang akan disajikan. Terlebih lagi film ini juga sangat-sangat disarankan bagi kamu yang tertarik mengenai investasi saham.

Peran yang dimainkan oleh Ryu Jun Yeol sangat bagus sekali dan sukses dilakoninya, dimana ia bisa menyesuaikan gestur tubuh, cara bicara dan sangat mendalami karakternya sebagai Cho il Hyun, karakter ini bisa dilihat dari perbedaannya saat ia menjadi Cho il Hyun sebagai broker pemula dan broker yang sudah kaya raya dan keren, perubahan ini juga didukung oleh perubahan make up, pakaian dan gaya kehidupannya. Dapat dikatakan bahwa film ini sudah dirancang dengan sangat mendetail agar pemirsa terbawa suasana dengan perubahan yang dimiliki dan terhanyut ke dalam cerita tersebut. Biasanya jika seseorang menonton ia tidak memperdulikan perubahan tersebut dan yang paling penting adalah bagaimana alur cerita yang akan diperlihatkan.

Sedangkan untuk para aktor lainnya mereka juga menunjukkan sejumlah pesona yang luar biasa dalam interaksi di dalam adegan film yang mereka perankan, jelas terlihat chemistry  antara aktor yang  satu dengan aktor lainnya. Selain itu film ini juga menceritakan dan memperlihatkan bagaimana kehidupan seorang karyawan pemula (broker pemula) yang bekerja di pasar saham dan juga mengenai kegiatan kesehariannya yang tidak banyak memiliki uang dan hanya memiliki gaji umr sebesar 3 juta dan bonus tidak terbatas dan karena pemula jadi banyak hal awam yang mesti dihadapi dengan tingkah lugunya dan segala kesiapan dalam menghadapi para seniornya atas apa yang telah ia lakukan.

Lalu untuk tempat kejadian film tersebut benar-benar extraordinary, para staf film mensetting tempatnya dengan keren dan terlihat begitu nyata, seakan-akan ini bukanlah suatu film melainkan ini video yang diambil dari sebuah perusahaan dimana memperlihatkan aktivitas yang sedang terjadi antara karyawan satu dengan karyawan lainnya.

Kemudian selain aktor utama, para aktor dan aktris yang ada di dalam film tersebut pastinya juga ikut mensukseskan keberhasilan film ini. Biasanya karakter yang dilakoni oleh Yoo Ji Tae adalah sebagai orang yang baik hati dan lembut, seperti karakter yang ia mainkan pada drama Healer, tapi dalam film ini ia menjadi seseorang dengan julukan nomor tiket. Karakter yang ia lakoni dalam film tersebut menjadi orang yang jahat dan tidak memiliki hati. Dengan adanya hal tersebut tentu saja menjadi sebuah tantangan bagi sang aktor.

Pada bagian efek dan editing yang dilakukan, terlihat sangat bagus sekali dan indah. Namun sudut pandang gambar dan video yang diambil dalam film ini sudah terlihat biasa dimana hal ini juga sering terjadi dalam pengambilan video untuk sebuah adegan perfilman korea lainnya. Untuk sinematografi pada film ada bagian yang menarik untuk dilihat dimana di dalam film tersebut ada adegan yang menunjukkan saat sang aktor utama sedang berfikir, lalu di saat itu sang editing film menambahkan gambaran yang bermunculan yang menandakan bahwa inilah yang sedang dipikirkan oleh Cho Il Hyun, contohnya saat adegan ia sedang memikirkan jumlah uang yang orang lain dapatkan hal ini juga dibantu dengan adanya tambahan nada suara sang aktor.

Selanjutnya, dia akhir film ini bagi saya masih ada ketidakjelasan dan menimbulkan pertanyan apakah sang pemeran utama sudah meninggal atau masih hidup, dan yang lebih lucunya lagi dengan segala kecanggihan yang ada, kenapa mereka tidak mengetahui kondisi seseorang yang sedang tertusuk padahal terlihat jelas di cctv bahwa ia sedang mengalami pendarahan. Adegan ini terjadi saat Cho il hyun berada di kereta api bawah dan melarikan diri dari kejaran nomor tiket  di samping itu kejadian ini sudah diawasi oleh para polisi.

 Dari film ini kamu juga bisa belajar banyak taktik dan cara untuk membantu saat kamu sedang diancam oleh seseorang, kelihaian ini bisa kamu lihat saat adegan antara Cho il hyun  yang berhasil lolos dari sasaran nomor tiket untuk dibunuh dan membantu Han Ji Cheol dalam penyelidikan yang  ingin ia selesaikan sejak lama. Sebelum itu juga ada adegan yang menarik dan lucu yaitu saat sang broker pemula melakukan transaksi pasar saham yang pertama kali untuk melakukan sesuai dengan arahan nomor tiket, ia lakukan dengan menunjukkan raut wajah yang penuh dengan serius dan ketakutan ditambah dengan suara musik yang menegangkan, yang ia lakukan berupa hal untuk membeli sejumlah saham yang sudah dijual dan secara mengejutkan ia mendapatkan uang administrasi yang sangat amazing dan membuat seluruh pegawai yang ada diperusahaan tersebut tercengang dan memberikannya ucapan selamat.

Dalam film tersebut banyak informasi yang bisa diambil, salah satunya fakta mengenai  kebiasan umum di Korea Selatan adalah sebagian orang di sana akan memperdulikanmu apabila kamu adalah orang yang  berpendidikan tinggi, sekolah dan kuliah di universitas ternama, anak konglomerat  (chaebol) dan berwajah tampan sekaligus sempurna fisik maka kamu akan dihormati dan dihargai oleh orang-orang yang ada di sekelilingmu, tetapi di bukan berarti semua orang disana berpandangan seperti itu kebanyakan dari mereka juga mempunyai rasa kasih sayang yang luar biasa kepada orang lain. Di Korea Selatan ada teori bahwa jika kamu memiliki wajah cantik dan tampan hidupmu akan mudah, oleh sebab itu operasi plastik dan produk kecantikan banyak berasal dari negara ginseng ini.

Bagi kamu yang belum pernah mengunjungi Korea Selatan, mungkin secara tidak langsung bisa merasakan bagaimana suasana kota yang ada di korea Selatan. Film ini memperlihatkan dengan jelas bagaimana kondisi di negara tersebut dan bagaimana kejamnya dunia kerja dan kerasnya orang dalam mencari nafkah. Film ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang sangat tertarik dalam bidang pasar modal dan bidang investasi saham, karena film ini akan membuat kamu terpukau dengan sejumlah kenyataan dan kisah yang ada di dalam dunia saham, mulai dari cara membeli dan menjual saham, cara kerja para broker di depan layar komputernya untuk melayani konsumen dan bagaimana kondisi pasar saat seseorang  melakukan penipuan dan kejahatan di dalamnya dan apa imbas yang akan terjadi pada perusahaan tersebut dan kamu juga akan disajikan dengan sejumlah hal baru, maka dari itu film ini wajib bagaet kamu tonton.

Hikmah dari Film Money  (2019)

  1. Bersyukur menjadi warga negara Indonesia

Dalam film tersebut banyak memperlihatkan bagaimana hierarki dalam sebuah pekerjaan, baik antara manajer dan direktur, maupun antara manajer dan bawahannya lalu juga antara investor dan perusahaan. Di negara Korea Selatan banyak sudah kasus maupun pelecehan terhadapan karyawan dalam beberbagai bentuk,tetapi yang menjadi permasalahan adalah seorang karyawan yang memiliki pangkat lebih rendah harus menurut apa yang disuruh oleh karyawan yang mempunyai pangkat lebih tinggi atau seseorang yang mempunyai pengaruh besar terhadap perusahaan tersebut dan sesuatu yang disuruh bukan merupakan suatu hal yang wajib dikerjakan dan tidak etis rasanya.

Contohnya pada saat jam makan siang akan berlangsung, pegawai yang berpangkat rendah harus bisa menghafal dan mengingat kode telepon untuk memesan makanan terlebih lagi makanan yang dipesan harus sesuai dengan selera sang senior. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri lagi hal ini pastinya juga terjadi di setiap negara dimana seorang junior harus nurut dan mengikuti perintah yang ditugaskan oleh senior yang ada di perusahaan. Tetapi yang terjadi di Korea Selatan itu sudah menjadi hal yang lumrah dan semata-mata hal ini dilakukan atas dasar untuk menghormati atasannya atau cara untuk mendapatkan promosi lebih cepat atau kamu akan dianggap sebagai pegawai yang tidak sopan dan tidak menghargai atasannya.

Biasanya jika seseorang pemula bekerja di perusahaan ia akan lebih dahulu diberikan informasi mengenai perusahaan tersebut atau diajarkan oleh seorang yang memiliki wewenang untuk mengajarkannya bagaimana cara kerja diperusahaan tersebut dan tugas apa saja yang harus dilakukan, tetapi hal tersebut di Indonesia sudah lumrah yang biasanya kita lihat dan kita dengarkan di lingkungan para pekerja. Tetapi hal ini berbeda di Korsel, jika seseorang sudah menjadi seorang karyawan , ia dituntut harus menguasai bidang yang ia kerjakan, tanpa ada kesalahan.

Selain itu, jika seorang manajer atau atasannya memberikan tugas tidak ada istilah dengan jawaban “Baik, Pak akan saya usahakan” melainkan harus dengan jawaban “Baik Pak akan saya kerjakan”. Selain itu di negara tersebut juga sudah biasa dengan istilah pally-pally yang artinya cepat-cepat, maka dari itu setiap aktivitas yang dilakukan harus dilakukan dengan serba cepat, bagus dan terselesaikan dengan sempurna, hal ini tidak hanya terjadi pada karyawan yang ada pada perusahaan tetapi juga pada pemerintahan yang ada.

Bahkan ada suatu kejadian yang saya lihat di salah satu channel YouTube, Saleh seorang  mahasiswa Korsel yang berasal dari indonesia saat ia bekerja di suatu restoran milik orang Korsel dan pada hari pertamanya ia diharuskan untuk sudah pandai dalam menyusun makanan di meja, menghafal semua nama makanan dan minuman yang ada di menu restoran tersebut dan tidak boleh melakukan kesalahan, apabila kamu melakukan kesalahan kamu akan dimarahi dan tidak akan dipedulikan dan segala sesuatu yang dilakukan harus serba cepat dan juga sempurna.

Baik film dan drama yang diproduksi oleh orang Korea Selatan diantaranya menyajikannya kisah berdasarkan dengan keadaan yang terjadi di negara tersebut atau sesuai dengan budaya masyarakatnya, tetapi untuk kisah drama yang bergenre romantis banyak netizen yang mengatakan bahwa hal yang ada di drama tidak seindah kenyataan yang ada.

Maka dari itu bersyukurlah kamu menjadi orang Indonesia karena apabila kita bekerja Indonesia sudah menjadi kebiasaan dan rahasia umum seperti waktu karet, duduk di warung kopi dan santuy tentunya. Namun yang terjadi di lingkungan kerja orang indonesia tidak sekejam yang ada di Korea Selatan.

  1. Jadilah seorang senior yang menghargai dan menyayangi para junior

Pastinya dalam perusahaan adakalanya seseorang khilaf, terkadang ia merasa lebih hebat dan apapun yang ia minta harus dilakukan karena ia merupakan seorang atasan yang harus dihargai dan semua perkataannya harus didengarkan, sampai-sampai tidak memikirkan bagaimana perasaan orang lain terhadap apa yang dilakukannya. Oleh sebab itu dengarkanlah perbedaan pendapat yang terjadi di dalam suatu pekerjaan dan hargailah dan sayangilah para bawahan yang sedang bekerja bersama kita agar menjadi seorang atasan yang akan diikuti jejak langkahnya dan diingat akan segala kebaikan dan ilmu yang telah diajarkan menjadi ladang pahala dan bisa bermanfaat bagi orang lain.

 

  1. Setiap tindakan yang ingin kamu lakukan agar terlebih dahulu untuk dipikirkan apakah akan berdampak baik atau buruk baik bagi diri sendiri maupun orang lain

Mengapa hal ini begitu penting, karena setiap perbuatan yang kita lakukan akan ada balasannya apakah itu baik atau buruk, jika yang kita lakukan itu buruk maka hasil yang diperoleh akan membawa kepada kesulitan sedangkan jika yang kita lakukan baik maka akan mendapatkan balasan berupa kemudahan dalam setiap kegiatan yang akan kita lakukan.

Seperti yang dilakukan oleh Chu il Hyun, karena tergesa-gesa dalam mengambil tindakan untuk menjadi kaya raya akhirnya ia terjebak dalam penipuan di mana kejahatannya ini berskala besar dan setelah mendapatkan bonus hasil menjual atau membeli saham sebagai seorang broker dan sesuai dengan perintah yang diajarkan oleh nomor tiket, lalu ia mendapatkan bonus administrasi dari hasil tersebut, ternyata hal ini berdampak buruk bagi orang lain di mana setiap transaksi yang ia lakukan dengan kerjasama bersama nomor tiket ternyata telah membuat orang lain bunuh diri dan perusahaan bangkrut akibat dari hal tersebut.

 

  1. Berinvestasilah secara cerdas 

        Dalam adegan film ini kamu akan dibuat menjadi seseorang yang mata duitan karena bisa dikatakan jika kamu sudah lama berinversasti dan menjadi konsumen yang cerdas atau bisa dikatakan pandai dalam menjual atau membeli saham di saat yang tepat maka kamu akan menjadi seseorang yang kaya raya.

 

  1. Sebuah perusahaan harus cermat dan inovatif dalam setiap tindakan jika menyangkut dengan investasi saham karena transaksinya memiliki  resiko yang tinggi.

        Untuk menjalankan sebuah perusahaan apalagi sudah menjadi perusahaan go public maka ladang untuk menjadi tempat investasi saham menjadi sebuah rezeki bagi pendapatan orang banyak, untuk itu perusahaan haru bijak dalam memilih setiap strategi dalam mengeambahngkan perusaahnnya agar tidak bangkrut dan bisa membantu masyarakat dengan lebih luas.

 

  1. Apabila suatu perusahaan sudah ada di dalam pasar modal, maka harus bisa menjaga eksistensinya agar lembar saham yang dibeli oleh masyarakat dapat tetap terjual dengan harga yang tinggi.

    Karena ada kalanya hanya dalam satu hari harga saham bisa berubah drastis dan bisa  jadi penyebabnya karena ada sebuah  bank yang dijual dengan harga rendah, oleh sebab itu setiap perusahaan yang berinvestasi harus cerdas dan cermat, mungkin saja nanti bisa jadi perusaahn kita yang bangkut lalu akan berimbas kepada perusahaan lainnya karena ada berinvestasi kepada perusahaan kita, untuk itu penting bagi perusahaan untuk selalu waspada dalam setiap keputusan yang akan diambilnya.

 

  1.  Berbaktilah kepada kedua orang tuamu

Setelah  Chu il Hyun menjadi kaya raya ia tidak lupa untuk membahagiakan orang tuanya namun cara untuk mendapatkan kekayaan yang ia lakukan salah karena hasil dari merugikan orang lain. Sebenarnya orang tua sangatlah senang jika seorang anak bisa membantu orang tua, tetapi alangkah baiknya jika  ingin membahagiakan orang tuamu pilihlah jalan yang membawa kebahagiaan dunia dan akhirat.

 

  1. Jika kamu sudah mencapai kesuksesanmu jangan pernah melupakan seseorang yang sudah mendukungmu dan jangan tinggalkan mereka.

Saat  si broker pemula ini mendapatkan pengahasilannya melalui kejahatan, ia lalu lupa terhadap teman-teman dan orang –orang yang mendukungnya, terlebih lagi ia lupa diri dan terlena akan kejayaannya dan tidak ingin lepas dari perbuatannya. Tetapi pada akhirnya ia tersadarkan dan membantu Han Ji Cheol  dalam penyelidikannya kemudian juga membantu perusahaan milik ayah temannya yang bangkrut akibat kejahatan investasi saham yang dilakukan oleh nomor tiket dan dirinya.

 

  1. Bijaklah dalam menggunakan alat teknologi

Alat yang biasanya digunakan Cho il Hyun  untuk merekam pembicaraan dengan para pelanggan (orang yang ingin berinvestasi saham) saat sedang bersama manajernya, ternyata bisa membantunya untuk bertaubat dari jeratan kejahatan yang ia lakukan di mana ia mengumpulkan sejumlah bukti rekaman pembicaraan dengan nomor tiket  pada setiap transaksi penipuan yang ia lakukan, lalu rekaman yang berbentuk korek api ini bisa membantu Han Ji Cheol  dan badan pengawasan keuangan untuk mengungkapkan sejumlah kejahatan yang telah dilakukan oleh Yoo Ji Tae.

 

Sebenarnya jika kamu suka menonton drama, film, variety show, reality show dan ajang pencarian bakat yang di produksi di negara Korea Selatan, di dalamnya banyak pelajaran yang bisa kamu ambil, seperti teknologi yang ada di negara tersebut, cara mereka mencintai negaranya, membiasakan memperlihatkan budaya mereka seperti makanan tradisional, sejarah negara mereka, dan tempat-tempat pariwisata yang bagus.

Padahal banyak hal menarik yang bisa kamu ambil dari setiap sesuatu yang kamu lihat, misalnya saja drama tentang kedokteran yang mereka produksikan dimana mereka membuatnya dengan sangat sungguh-sungguh, mulai dari memperlihatkan bagaimana seseorang sedang mengoperasi pasien, keadaan rumah sakit, cara pertolongan pertama pada saat terjadi kecelakaan dan banyak hal-hal positif lainnya. Namun juga tidak bisa dipungkiri juga ada hal-hal negatif di dalamnya, maka dari itu jadilah penonton yang bijak dan pandai dalam memilih tontonan.

Ada kata yang menarik yang bisa kita simpulkan dari film tersebut yaitu “Seagung-agung manusia tetap yang harus dipuji adalah Allah”, “Saat kamu bekerja dengan para senior maka hormatilah dia dan respect terhadapnya” dan “tetaplah menjadi seseorang yang berbaik hati dan jangan bertindak gegabah dalam setiap langkah yang diambil”.

Komentar

Postingan Populer